Pemuda Peradaban

Berbagi Kajian Seputar Ilmu Pengetahuan dan Hal Menarik Lainnya

Minggu, 12 November 2017

Ciri-Ciri Sekolah Yang Menerapkan MBS

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri-ciri sekolah yang menggunakan MBS. Baiknya kita mengetahui apa itu pengertian MBS sendiri. Berikut adalah pengertian MBS menurut para ahli:

Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Myers dan Stonehill dalam Umaedi, Hadianto, dan Siswantari (2009:4.3) berpandangan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui pengalihan otoritas pengambilan keputusan dari pemerintah pusat ke daerah dan ke masing-masing sekolah sehingga kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap proses pendidikan, dan juga mempunyai tanggung jawab untuk mengambil keputusan yang menyangkut pembiayaan, personal, dan kurikulum sekolah.

Rohiat (2008:47) mengartikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai model pengelolaan yang memberikan otonomi (kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada sekolah), memberikan fleksibilitas/keluwesan kepada sekolah, mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan) dan masyarakat (orang tua siswa, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha), dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Nurkholis (2003:1) menjelaskan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah terdiri dari tiga kata, yaitu manajemen, berbasis, dan sekolah. Secara umum manajemen dapat diartikan sebagai proses mengelola sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan. Ditinjau dari aspek pendidikan, manajemen pendidikan diartikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah maupun tujuan jangka panjang. Kedua, kata berbasis mempunyai kata dasar basis atau dasar. Ketiga , kata sekolah merujuk pada lembaga tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Bertolak dari arti ketiga istilah itu, maka Manajemen Berbasis Sekolah dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan sumber daya yang berdasar pada sekolah itu sendiri dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari beberapa pengertian diatas penulis dapat menyimpulkan secara lebih ringkas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu model sistem pengelolaan sekolah yang memberikan kewenangan lebih luas dan kekuasaan yang lebih banyak kepada institusi sekolah untuk mengurus kegiatan sekolah sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan sekolah yang bersangkutan tanpa bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

Ciri-Ciri Sekolah Yang Menerapkan MBS

1. Kepala Sekolah: Manajemen
  • Rencana sekolah disusun dengan melibatkan semua stakeholders
  • Sekolah menetapkan visi dan misi bersama
  • Unsur terkait dengan sekolah mengetahui rencana sekolah
  • Rencana sekolah mendapat dukungan dari berbagai pihak
  • Terpapangnya kegiatan sekolah dan RPS/RKAS
2. Guru: Pembelajarannya Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
  • Siswa belajar dengan senang hati
  • Anak putus sekolah dan tinggal kelas semakin kecil
  • Siswa lebih trampil melaksanakan penelitian, percobaan dan wawancara
  • Siswa trampil mengemukakan pendapat
  • Siswa trampil melaporkan hasil kerjanya
  • Siswa trampil bertanya
3. Masyarakat / Komite Sekolah
  • Semua anak usia sekolah masuk sekolah formal
  • Masyarakat memberi dukungan material dan moral spiritual untuk kepentingan pendidikan.
  • Masyarakat membantu pengadaan kelompok belajar
  • Masyarakat membantu menyediakan sarana dan prasarana belajar di rumah
4. Laporan kegiatan dan keuangan dilaksanakan secara rutin dan berkala
  • Pertemuan dilaksanakan secara rutin dan berkala
  • Komite sekolah berfungsi aktif
  • Guru mengetahui perhitungan kenaikan pangkat berdasarkan angka kreditnya
  • Guru mengetahui kriteria pengangkatan sebagai kepala sekolah
5. Masyarakat menyadari pentingnya pendidikan
  • Masyarakat membantu dalam melengkapi kekurangan guru
  • Masyarakat memberi saran dan pendapat kepada sekolah
  • Anak yang putus sekolah dan membolos semakin kecil bahkan tidak ada sama sekali
  • Masyarakat yang mampu memberi subsidi bea siswa
6. Penampilan Kelas/Sekolah
  • Suasana kelas nyaman dan bersi
  • Ada pajangan hasil belajar/Karya siswa
  • Ada pajangan alat peraga buatan sendiri
  • Mobilitas guru dan siswa mudah
  • Ada sudut baca di dalam kelas di setiap kelas
  • Pajangan tertata rapi dan mudah dibaca
  • Sudut baca dimanfaatkan siswa
  • Tersedia media belajar mandiri
7. Siswa berkompetisi secara sehat 
  • Tidak ada siswa yang membolos 
  • Siswa belajar dengan berbuat
  • Siswa belajar tidak hanya di dalam kelas
  • Media belajar berfungsi dan bervariasi termasuk lingkungan
  • Dalam pembelajaran terjadi diskusi
8. Tidak ada hukuman tanpa kesepakatan dengan siswa 
  • Guru tidak banyak ceramah
  • Guru murah memberi pujian
  • Guru bersikap ramah
  • Guru memberi kesempatan dan motivasi siswa berkreatifitas
  • Guru tidak mempermalukan siswa
  • Guru memberi pertanyaan yang menantang
9. Instrumen Penilaian Kinerja Guru ( IPKG )
  • Simpulan Penelitian
  • Instrumen Penilaian Kinerja Guru ( IPKG )
  • Hasil Implementasi
  • IPKG
  • LAMA
  • BARU
  • Tidak relevan dengan visi, misi, dan regulasi
  • Hasil kolaborasi visi, misi, dan regulasi
  • Bersifat SMART, Holistik, Obyektif, sistem 360⁰
  • Sosial (94%)
  • Pedagogik (86%)
  • Kepribadian (78%)
  • Profesional (39%)
Ya itulah beberapa ciri sekolah yang menggunakan MBS, jika tidak puas dengan materi diatas kalian bisa mencari referensi lain. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar