Pemuda Peradaban

Berbagi Kajian Seputar Ilmu Pengetahuan dan Hal Menarik Lainnya

Minggu, 06 Mei 2018

Sibuk Terus - Gak Sempat Ngeblog

Mei 06, 2018 0

Halo everyone, yups bisa kalian lihat sesuai postingan diatas nampaknya untuk sementara waktu tidak bisa mengupload postingan lagi dikarena sibuk hehe. Ya harap maklum lah ya. dah gitu aja :) 

Minggu, 12 November 2017

Ciri-Ciri Sekolah Yang Menerapkan MBS

November 12, 2017 0
Sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri-ciri sekolah yang menggunakan MBS. Baiknya kita mengetahui apa itu pengertian MBS sendiri. Berikut adalah pengertian MBS menurut para ahli:

Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Myers dan Stonehill dalam Umaedi, Hadianto, dan Siswantari (2009:4.3) berpandangan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah merupakan suatu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan melalui pengalihan otoritas pengambilan keputusan dari pemerintah pusat ke daerah dan ke masing-masing sekolah sehingga kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap proses pendidikan, dan juga mempunyai tanggung jawab untuk mengambil keputusan yang menyangkut pembiayaan, personal, dan kurikulum sekolah.

Rohiat (2008:47) mengartikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai model pengelolaan yang memberikan otonomi (kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada sekolah), memberikan fleksibilitas/keluwesan kepada sekolah, mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan) dan masyarakat (orang tua siswa, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha), dan meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Nurkholis (2003:1) menjelaskan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah terdiri dari tiga kata, yaitu manajemen, berbasis, dan sekolah. Secara umum manajemen dapat diartikan sebagai proses mengelola sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan. Ditinjau dari aspek pendidikan, manajemen pendidikan diartikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah maupun tujuan jangka panjang. Kedua, kata berbasis mempunyai kata dasar basis atau dasar. Ketiga , kata sekolah merujuk pada lembaga tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Bertolak dari arti ketiga istilah itu, maka Manajemen Berbasis Sekolah dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan sumber daya yang berdasar pada sekolah itu sendiri dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari beberapa pengertian diatas penulis dapat menyimpulkan secara lebih ringkas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu model sistem pengelolaan sekolah yang memberikan kewenangan lebih luas dan kekuasaan yang lebih banyak kepada institusi sekolah untuk mengurus kegiatan sekolah sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan sekolah yang bersangkutan tanpa bertentangan dengan ketentuan yang berlaku.

Ciri-Ciri Sekolah Yang Menerapkan MBS

1. Kepala Sekolah: Manajemen
  • Rencana sekolah disusun dengan melibatkan semua stakeholders
  • Sekolah menetapkan visi dan misi bersama
  • Unsur terkait dengan sekolah mengetahui rencana sekolah
  • Rencana sekolah mendapat dukungan dari berbagai pihak
  • Terpapangnya kegiatan sekolah dan RPS/RKAS
2. Guru: Pembelajarannya Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
  • Siswa belajar dengan senang hati
  • Anak putus sekolah dan tinggal kelas semakin kecil
  • Siswa lebih trampil melaksanakan penelitian, percobaan dan wawancara
  • Siswa trampil mengemukakan pendapat
  • Siswa trampil melaporkan hasil kerjanya
  • Siswa trampil bertanya
3. Masyarakat / Komite Sekolah
  • Semua anak usia sekolah masuk sekolah formal
  • Masyarakat memberi dukungan material dan moral spiritual untuk kepentingan pendidikan.
  • Masyarakat membantu pengadaan kelompok belajar
  • Masyarakat membantu menyediakan sarana dan prasarana belajar di rumah
4. Laporan kegiatan dan keuangan dilaksanakan secara rutin dan berkala
  • Pertemuan dilaksanakan secara rutin dan berkala
  • Komite sekolah berfungsi aktif
  • Guru mengetahui perhitungan kenaikan pangkat berdasarkan angka kreditnya
  • Guru mengetahui kriteria pengangkatan sebagai kepala sekolah
5. Masyarakat menyadari pentingnya pendidikan
  • Masyarakat membantu dalam melengkapi kekurangan guru
  • Masyarakat memberi saran dan pendapat kepada sekolah
  • Anak yang putus sekolah dan membolos semakin kecil bahkan tidak ada sama sekali
  • Masyarakat yang mampu memberi subsidi bea siswa
6. Penampilan Kelas/Sekolah
  • Suasana kelas nyaman dan bersi
  • Ada pajangan hasil belajar/Karya siswa
  • Ada pajangan alat peraga buatan sendiri
  • Mobilitas guru dan siswa mudah
  • Ada sudut baca di dalam kelas di setiap kelas
  • Pajangan tertata rapi dan mudah dibaca
  • Sudut baca dimanfaatkan siswa
  • Tersedia media belajar mandiri
7. Siswa berkompetisi secara sehat 
  • Tidak ada siswa yang membolos 
  • Siswa belajar dengan berbuat
  • Siswa belajar tidak hanya di dalam kelas
  • Media belajar berfungsi dan bervariasi termasuk lingkungan
  • Dalam pembelajaran terjadi diskusi
8. Tidak ada hukuman tanpa kesepakatan dengan siswa 
  • Guru tidak banyak ceramah
  • Guru murah memberi pujian
  • Guru bersikap ramah
  • Guru memberi kesempatan dan motivasi siswa berkreatifitas
  • Guru tidak mempermalukan siswa
  • Guru memberi pertanyaan yang menantang
9. Instrumen Penilaian Kinerja Guru ( IPKG )
  • Simpulan Penelitian
  • Instrumen Penilaian Kinerja Guru ( IPKG )
  • Hasil Implementasi
  • IPKG
  • LAMA
  • BARU
  • Tidak relevan dengan visi, misi, dan regulasi
  • Hasil kolaborasi visi, misi, dan regulasi
  • Bersifat SMART, Holistik, Obyektif, sistem 360⁰
  • Sosial (94%)
  • Pedagogik (86%)
  • Kepribadian (78%)
  • Profesional (39%)
Ya itulah beberapa ciri sekolah yang menggunakan MBS, jika tidak puas dengan materi diatas kalian bisa mencari referensi lain. Semoga bermanfaat :)

Sabtu, 11 November 2017

4 Aplikasi Android Yang Seharusnya Tidak Kamu Instal

November 11, 2017 2
Aplikasi Smartphone memang sangat buanyaaakk sekali kegunaannya. Bahkan puluhan aplikasi dapat di instal pada hp kamu. Tapi tahukah kamu, sebenarnya ada aplikasi yang kamu kira itu adalah aplikasi yang sangat berguna namun sebenarnya itu adalah perspektif yang salah. Yuk simak aplikasi apa saja sih yang seharusnya tidak kamu instal

1. Aplikasi Pembersih / Cleaner
Aplikasi pembersih smartphone seperti Clean Master dan lainnya banyak dipakai pengguna untuk meningkatkan kinerja Android mereka. Memang benar, setelah kamu menghapus sebuah aplikasi, kadang masih menyisahkan data dalam cache. Namun kamu tak perlu mengunduh aplikasi pembersih smartphone.
Cara membereskan data yang tertinggal itu cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu "Setting" kemudian pilih menu "Storage" dan pilih "Clear cache" dan OK untuk membersihkan data yang tak penting.

Selain itu, kamu juga bisa menghapus cache masing-masing aplikasi dengan cara masuk ke "Setting", lalu "Apps" dan kemudian "Downloaded" dan tap salah satu aplikasi, kemudian di halaman selanjutnya, kamu tinggal memilih "Clear Cache".

2. Aplikasi Penghemat RAM
Perlu kamu ketahui, aplikasi yang berjalan di background smartphone pastinya memakan kapasitas RAM dan baterai smartphone. Banyak yang menyarankan untuk menghemat kapasitas RAM, pengguna perlu memasang aplikasi yang bisa menghemat RAM.

Namun pada prinsipnya, aplikasi yang menghemat RAM ini justru menutup proses kerja aplikasi-aplikasi lain. Hal ini dianggap bisa memperparah masalah, sebab dengan proses penutupan secara paksa, berbagai aplikasi yang berjalan di background justru harus memulai kembali prosesnya.
Padahal, untuk membuka kembali aplikasi, dibutuhkan ruang di RAM dan juga baterai. Maka dari itu, aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dirinya sebagai penghemat RAM sesungguhnya tidak diperlukan dan lebih baik dihapus dari Android.

3. Aplikasi Antivirus
Sebenarnya, smartphone Android dan Play Store di dalamnya bisa melakukan tugas-tugas aplikasi antivirus. Misalnya untuk perlindungan dari kehilangan, kamu tinggal menggunakan Android Device Manager tanpa perlu aplikasi tambahan.

Sementara, kalau aplikasi mengandung malware, Google akan mengeceknya secara otomatis di Play Store. Oleh karena itu, aplikasi antivirus sebenarnya hanya berguna jika kamu sering mengunduh aplikasi yang sumbernya bukan dari Play Store (berbentuk file APK).
Nah, saat itulah aplikasi antivirus memeriksa aplikasi non-Play Store selama proses instalasi. Antivirus juga memberikan peringatan jika aplikasi yang dipasang berbahaya.

4. Aplikasi Penghemat Baterai
Sama halnya dengan penghemat RAM, aplikasi penghemat baterai justru malah jadi beban untuk Android. Aplikasi penghemat baterai diklaim jadi solusi masalah yang dihadapi pengguna ponsel pintar, yakni daya yang cepat habis. Nah, dengan memasang aplikasi ini, sesungguhnya kamu malah membuat baterai cepat habis karena prosesnya. Agar pemakaian baterai lebih hemat, kamu hanya perlu uninstal aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan UC News / Berita Pada UC Browser

November 11, 2017 0
Hai uc user dimanapun anda berada :v kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang sangat berguna nih bagi kalian para pengguna uc browser. Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan berita-berita yang selalu muncul di beranda uc kalian, selain tampilanya membuat layar sesak terkadang banyak juga muncul berita dengan judul yang nyeleneh gitu dah, kalian tau sendiri. Pasti pada gak tau kan cara menghilangkannya gimana. Coba deh lihat gambar dibawah ini, semua beritanya sudah hilang. Nah kurang lebih nya seperti itu hasilnya.
Gimana mantap kan layarnya jadi rapih dan elegen dan gak bikin ribet. Oke kita langsung saja kasih tahu caranya gimana. Simak dibawah ini yah.

Step by Step:
1. Buka UC Browser kalian akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini.
2. Masuk: Menu Pengaturan > Pilih Pengaturan Homepage > Muncul Tampilan UC News lalu OFF kan
3. Kembali ke menu awal lalu geser/usap layar sampai Paling Bawah (sampe mentok), disana akan ada tulisan Atur Kartu silahkan diklik. Nah ini dia bagian paling penting silahkan uncek semua pilihan yang tersedia, kurang lebih seperti gambar berikut.

4. Tadaaa, gimana berhasil kan. Jangan lupa share juga ke yang lain see you :*


Kamis, 09 November 2017

Cara Mudah Download File di Blog ini

November 09, 2017 0
Waz'upp guys mungkin tutorial ini gak terlalu penting (maybe), secara kalian sudah pada pinter untuk mendownload apapun dari internet ialah Kids Zaman Now pasti sering download apalagi download emmm :v.... ya sudah lah kalian tau sendiri.

Bukanya sombong tapi secara kan yang berkunjung ke web terkenal ini (preett) bukan hanya anak muda saja tapi dari kalangan bayi sampai lansia, nah pasti ada aja sedikit dari mereka-mereka ini gak ngerti mesti downloadnya gimana kan. Baiklah tak perlu banyak cakap langsung saja.

Sebelum mendownload saya sarankan anda mempunyai sfotware Internet Download Manager (IDM) ini sangat penting banget untuk mempermudah dan mempercepat saat mendownlaod file apapun. Yang belum mempunyai softwarenya silahkan klik link berikut : Download IDM terbaru

Simak Baik-Baik Caranya:
1. Untuk mendownload sebuah file di blog ini kalian tinggal tekan saja tombol Download Now seperti dibawah ini
2. Nanti akan terbuka halaman baru, di pojok kanan atas kalian tunggu 5 detik lihat gambar dibawah)


 3. Setelah 5 detik akan muncul tombol Skip. Sekarang tekan tombol Skip tunggu beberapa saat file otomatis akan terdownload secara langsung.




4. Kemudian langsung saja tekan star download lihat pada garis kotak merah dibawah
5. Selesai, sangat mudah dan simpel banget kan. Semoga bermanfaat

Materi PKn Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Terbaru

November 09, 2017 0
Halo pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis Kurikulum 2013. Melalui materi pembelajaran di kelas 6 ini akan membantu baik bapak/ibu guru atau mahasiswa atau juga peserta didik tentunya dalam melaksanakan proses pembelajaran. Namun yang perlu diperhatikan pada blog ini sengaja saya tidak tampilkan secara langsung dalam bentuk tulisan materi-materi tersebut dikarenakan ada beberapa hal.

Yang pertama jika materi langsung saya upload berupa tulisan pada blog maka hasilnya kurang bagus dan kurang rapih dan sulit dimengerti juga. Kedua untuk materi sudah saya kemas kedalam bentuk file yang berisi SK/KD/MATERI ajar ini dalam bentuk ms word jadi kalian akan lebih mudah untuk mengedit atau menambah dan lain sebagainya. Pntuk menghargai agar tidak sembarang orang mengcopy-paste tulisan ini karena tulisan dibuat sendiri oleh penulis berdasarkan referensi-referensi yang telah dikumpulkan.

Jadi yang mau lihat silahkan langsung saja download filenya dibawah ini, Terima Kasih, semoga bermanfaat untuk semua.

Download Materi




Sabtu, 30 September 2017

Driver Booster Software Update Driver Otomatis Terbaik

September 30, 2017 2
Driver Booster merupakan software yang penting untuk mengupdate driver yang sudah usang pada laptop atau komputer kita. Driver sendiri suatu komponen yang berfungsi menjalankan suatu beragam aplikasi yang berjalan, bila driver yang kita pakai sudah usang atau kadaluwarsa maka yang terjadi adalah kinerja laptop tidak maksimal bahkan sering terjadi lag atau not responding pada laptop kita.

Apakah kegunaan dari Deriver Booster ini? Driver booster ini akan memindai dan mencari driver yang terupdate dan tepat bagi laptop kita secara otomatis, saya sangat merekomendasikan banget bagi kalian yang berkecimpung dalam dunia iptek sehingga ketika driver kalian terupdate maka kinerja laptop akan maksimal dan performance gaming pun meningkat drastis. Berikut review pc saya sendiri

ini adalah contoh driver vga saya yang usang

Bisa kalian lihat pada gambar diatas, ada 1 driver vga saya yang sudang jadul, sebelumya bahkan ada lebih dari 10 driver yang kadaluwarsa tapi sudah saya update bulan lalu. Nah driver booster ini akan otomatis menemukan driver yang cocok dan sesuai sama spec pc kita. kita tinggal klik Perbarui maka otomatis driver akan terupdate, sangat simple dan mudah bukan. Oke langsung saja donwload dibawah ini 
Download Driver Booster

Cara Install agar full version :
  • Extrak hasil downloadnya, matikan koneksi internet (wajib)
  • Install driver boosternya sampe selesai jika sudah close saja
  • Klik 2x pada Block hasil unduhan tadi tunggu smpe selesai
  • Buka Driver boosternya, buka juga keygen v4 
  • Pada pojok kanan bawah klik pada bagian masukan lisensi
  • Buka keygennya lalu klik generati copy serial numbernya dan pastekan di kolom lisensi
  • Done Driver Booster sudah full version .